facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ikut Berduka Cita, Ganjar Pranowo Sebut Tjahjo Kumolo Senior yang Suka Memotivasi Generasi Muda

Ronald Seger Prabowo Jum'at, 01 Juli 2022 | 18:00 WIB

Ikut Berduka Cita, Ganjar Pranowo Sebut Tjahjo Kumolo Senior yang Suka Memotivasi Generasi Muda
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ditemui di acara Rakernas kedua PDIP di Jakarta. (Suara.com/Bagaskara)

Politisi senior PDI Perjuangan itu menghembuskan nafas terakhur sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

SuaraJawaTengah.id - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut berduka cita atas meninggalnya mengenang almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Politisi senior PDI Perjuangan itu menghembuskan nafas terakhur sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Ganjar menilai Tjahjo Kumolo merupakan sosok senior yang suka memotivasi dan mendorong generasi muda.

"Sebagai senior di partai, Tjahjo Kumolo menjadi sosok yang sangat memotivasi generasi muda. Saya pernah menjadi sekretaris beliau di fraksi, sama Mas Bambang Pacul waktu itu, terus kemudian waktu beliau jadi Sekjen, kami juga membantu lini-lini partai melalui lembaga-lembaga fungsional partai dan itu menurut saya bagian cara beliau memberi ruang kepada generasi muda," kata Ganjar dilansir dari ANTARA, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: LIVE STREAMING: Prosesi Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Ganjar mengaku terkejut saat mendengar kabar duka meninggalnya Tjahjo Kumolo. Saat itu Ganjar sedang dalam perjalanan melakukan kunjungan kerja menuju ke Kabupaten Kebumen.

Mendengar kabar duka itu, Ganjar kemudian membatalkan agenda kerjanya dan langsung berbalik arah menuju Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, kemudian terbang ke Jakarta untuk melayat.

"Saya mewakili keluarga, pribadi, dan masyarakat Jawa Tengah menyampaikan turut berdukacita atas wafatnya Mas Tjahjo Kumolo. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah Swt. dan seluruh dosanya diampuni," ujar Ganjar saat ditemui di bandara sebelum berangkat ke Jakarta.

Orang nomor satu di Jateng itu mengenang jasa dan terobosan-terobosan yang dilakukan Tjahjo Kumolo saat almarhum menjabat sebagai menteri.

Saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, kata Ganjar, Tjahjo merupakan sosok yang terbuka dan suka mendengar suara dari bawah, termasuk dari bupati, wali kota, dan gubernur.

Baca Juga: Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jenazah Tjahjo Kumolo Langsung Disambut Barisan Tentara

"Bahkan, sering kali beliau bertanya bagaimana kondisi sebenarnya dan bagaimana mengusulkan itu. Terakhir menjadi Menteri PAN-RB, beliau sangat aktif mendorong reformasi birokrasi di daerah. Tadi pagi kami juga lagi lomba inovasi di Kementerian PAN-RB. Biasanya beliau menyambut tapi sudah beberapa minggu ini gerah dan hari ini kapundhut," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait