Mengapa Meiosis Sangat Berperan Dalam Reproduksi Seksual Sehingga Memunculkan Variasi Genetik

Mengapa meiosis sangat berperan dalam reproduksi seksual sehingga memunculkan variasi genetik – Jawaban : Karena meiosis menghasilkan dengan jumlah kromosom satu set (haploid, n) yang kemudian dapat bergabung dengan sel lain dan menghasilkan embrio yang diploid (2n) dengan kombinasi baru yang membentuk variasi sifat makhluk hidup.

Meiosis sangat berperan dalam reproduksi seksual sehingga memunculkan variasi genetik … karena meiosis menghasilkan dengan jumlah kromosom satu set (haploid, n) yang kemudian dapat bergabung dengan sel lain dan menghasilkan embrio yang diploid (2n) dengan kombinasi baru yang membentuk variasi sifat makhluk hidup.

Pembahasan:

Pembelahan sel dalam pembentukan sel kelamin melalui fase meiosis I dan meiosis II. Pada pembentukan sel sperma misalnya, sel spermatosit primer akan membelah dalam meiosis I menjadi spermatosit sekunder. Kemudian spermatosit sekunder membelah pada meiosis II menjadi spermatid. Spermatid akan berkembang dan mengalami diferensiasi menjadi sel sperma.  

Sel induk memiliki jumlah materi genetik berupa kromosom sejumlah 2 set lengkap (diploid, 2n), namun sel anak hasil pembelahan dalam pembentukan sel kelamin melalui meiosis hanya memiliki 1 set lengkap (haploid, n).

Saat terjadi pembuahan, sel-sel haploid ini akan saling bergabung membentuk embrio yang bersifat diploid. Karena dalam penggabungan terjadi kombinasi kromosom, maka akan terjadi variasi sifat makhluk hidup dari perbedaan kombinasi ini.

Misalnya, bila orang bergolongan darah A dan bergolongan darah B kawin, maka anaknya yang dihasilkan dari kombinasi materi generik ini dapat memiliki variasi sifat golongan darah yaitu golongan darah A, B dan AB.

X CLOSE
Advertisements

Check Also

Jumlah Energi yang Dihasilkan Selama Proses Anaerob Per Molekul Glukosa Adalah

Jumlah energi yang dihasilkan selama proses anaerob per molekul glukosa adalah – Jawaban : Hanya menghasilkan …