facebook

Bacaan Latin Niat Puasa Syawal 6 Hari Beserta Artinya, Kapan Waktu Dibacanya?

Rifan Aditya
Ilustrasi puasa - Bacaan Latin Niat Puasa Syawal 6 Hari Beserta Artinya. (Pexels)
Ilustrasi puasa - Bacaan Latin Niat Puasa Syawal 6 Hari Beserta Artinya. (Pexels)

Bagaimana bacaan latin niat puasa Syawal selama 6 hari?

Suara.com - Seluruh umat muslim baru saja memasuki bulan Syawal setelah berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadan. Adapun salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah puasa Syawal selama 6 hari. Lantas bagaimana bacaan latin niat puasa Syawal ini?

Seorang muslim disunnahkan untuk melaksanakan puasa selama 6 hari di bulan Syawal. Sebelum mengerjakannya, terlebih dahulu perlu membaca bacaan latin niat puasa Syawal dengan benar.

Perintah untuk melakukan puasa Syawal ini berdasarkan hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi sebagai berikut.

“Barangsiapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun.” (HR Muslim).

Baca Juga: Keutamaan Puasa Syawal, Setara Puasa Setahun Penuh Hingga Melimpah Pahala Kebaikan

Waktu Pelaksanaan Puasa Syawal

Waktu puasa Syawal dilakukan selama 6 hari di bulan Syawal. Puasa Syawal diperbolehkan untuk dikerjakan mulai tanggal 2 Syawal atau satu hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Apabila puasa Syawal dikerjakan pada tanggal 1 Syawal maka tidak sah.

Puasa Syawal dapat dikerjakan baik secara berurutan maupun berselang hari. Hal yang terpenting adalah puasa Syawal ini masih dikerjakan di bulan Syawal. 

Bacaan Niat Puasa Syawal

Bagi umat muslim yang melaksanakan puasa Syawal diharuskan untuk berniat terlebih dahulu. Berbeda dengan puasa fardhu, para ulama sepakat bahwa puasa sunnah tidak mensyaratkan niat sebelum terbit fajar. Umat muslim boleh berniat puasa meski di siang hari jika belum makan, minum dan mengerjakan sesuatu yang dapat membatalkan puasa.

Baca Juga: Jadwal Puasa Syawal 2022: Panduan Niat di Siang dan Malam Hari

Sementara itu puasa fardhu seperti puasa Ramadan, puasa Qada’ Ramadan, puasa Nazar dan puasa Kaffarah diwajibkan berniat sebelum terbit fajar.